Minggu, 06 Januari 2013

Konsumsi BBM Vios Otomatis

12 September 2010

Toyota All New Vios Fuel Saver and Speed Maker.

Small Sedan ini mampu tampil sesuai ekspektasi dalam Big Test Liga Irit. Baik ketika menempuh rute dalam kota, jalan tol, maupun tes performa yang dilakukan oleh tim Auto Bild.

Berikut adalah laporan hasil pengujian BBM dan performance yang dilakukan di Jakarta :

Angka pengujian BBM yang dilakukan untuk kondisi jalanan perkotaan ada di angka 8,61 km/liter. Angka tersebut untuk konsumsi bbm dalam kota bukanlah suatu angka yang fenomenal.
Tapi mari kita cermati lagi fakta-fakta berikut ini :

1. Unit tes Toyota Vios yang digunakan menggunakan transmisi otomatis, kondisi yang kurang menguntungkan untuk lalu lintas dalam kota yang berkarakter stop and go.

2. Dua kontestan lain yang mencatatkan hasil lebih baik menggunakan transmisi manual yang minim slip kopling. Bahkan hasil uji BBM yang dicatat oleh Toyota All New Vios bertransmisi otomatis ini lebih baik dari Toyota Yaris yang punya mesin sama dengan transmisi manual dan berbobot lebih ringan.
Benar - benar Fuel Saver and Speedmaker.

3. Selama pengetesan juga kondisi lalu lintas dalam kota Jakarta sangat padat akibat hujan lebat yang mengguyur. Etape pertama dari kantor kami menuju SCBD ditempuh dalam 2,5 jam, sementara etape kedua dari SCBD-Pantai Indah Kapuk-Kebon Jeruk memakan waktu sampai 4,5 jam. Ini berarti total mesin bekerja selama 7 jam.

Di jalan tol, Vios kembali unjuk gigi dengan kembali mencatat hasil 18,42 km/liter. Setelah menggabungkan kedua hasil pengetesan ini, kami dapatkan hasil konsumsi bbm kombinasi untuk Vios adalah 13,52 km/liter dengan kecepatan rata-rata 50,6 km/jam. Sesuai dengan moto Fuelsaver.

Predikat Speedmaker juga tepat bagi Vios. Dengan transmisi otomatis pun, tenaga 109 dk dari mesin VVT-i 1.500 cc yang digunakannya masih bisa dimaksimalkan. Akselerasi 0-100 km/jam bisa dituntaskan dalam 12,28 detik. Dan tenaganya pun masih terasa sampai putaran tinggi.

Transmisi otomatis Toyota Vios yang menggunakan sistem Super ECT tercatat mampu untuk bekerja dengan baik dan halus di jalan menanjak maupun jalan menurun.
Demikian pula untuk Teknologi pedal gas elektronik alias drive-by wire yang juga dianut oleh Toyota All New Vios, teknologi ini sangat efektif dalam membuat mesin bekerja sesuai dengan kebutuhan.

Spesifikasi
Mesin : 1.497 cc 4 silinder VVT-i
Bore x stroke : 75,0 x 84,7 mm
Tenaga maksimum : 108 dk/6.000 rpm
Torsi maksimum : 142,1 Nm/4.200 rpm
Transmisi : Otomatis 4-speed
Jenis bensin : Premium
Kapasitas tangki : 42 liter
Bobot : 1.050 kg

Data Tes
Konsumsi bbm dalam kota : 8,61 km/l
Konsumsi bbm tol : 18,42 km/l
Konsumsi bbm kombinasi : 13,52 km/l
0-100 km/jam : 12,28 detik
Pengereman 100-0 km/jam : 44,09 m

Tidak ada komentar:

Posting Komentar